≡ Menu

Cara Instan Membangun Server WordPress Sendiri dengan ServerPilot dan DigitalOcean

Di tutorial sebelumnya, anda tentunya sudah mengetahui salah satu cara instan membangun server atau VPS sendiri dengan Auto-Install script CentminMod. Nah, ternyata ada cara yang jauh lebih mudah dan bahkan anda tidak perlu masuk lewat SSH ke server anda. Begitu mudahnya, anda cukup tinggal klik beberapa tombol, server WordPress anda akan siap dalam beberapa menit.

Ada dua layanan yang kita gunakan dalam tutorial ini, yaitu ServerPilot dan DigitalOcean. ServerPilot adalah layanan gratis (tersedia juga versi berbayarnya) auto-install server yang sangat kompatibel dengan layanan penyedia server DigitalOcean. Harga VPS di DigitalOcean sendiri sangat terjangkau dan model pembayarannya adalah Pay-As-You-Go alias besaran biayanya mengikuti model spesifikasi yang dipesan dan durasi pemakaian server. Selain itu, DigitalOcean menawarkan spesifikasi server yang mumpuni seperti SSD Storage yang super cepat.

Anda tidak perlu dipusingkan dengan perintah-perintah di terminal atau command line. Semua pengaturan server bisa anda akses lewat antarmuka yang ditawarkan oleh ServerPilot. Oleh karena itu, cara ini sangat saya rekomendasikan untuk pemula yang baru mengenal server atau mencoba terjun di dunia VPS.

Hal pertama yang perlu anda lakukan, adalah membuat server atau VPS baru di Digital Ocean. Adapun OS Template yang wajib anda gunakan adalah Ubuntu karena kompatibel dengan yang dibutuhkan oleh ServerPilot nantinya. Berikut gambar langkah singkat untuk membuat server baru:

Setelah selesai membuat VPS baru, anda akan menerima email notifikasi dari Digital Ocean perihal detil VPS yang baru saja anda buat. Berikut contoh email yang akan anda terima:

Langkah selanjutnya adalah menggunakan detail VPS anda tersebut untuk konfigurasi ServerPilot pada VPS anda.

Buka alamat situs ServerPilot, kemudian lakukan registrasi. Setelah anda melakukan registrasi, selanjutnya login dan pilih Connect to a Server. Anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar dibawah:

Sesuai dengan instruksi pada gambar, masukkan detil VPS yang sudah diterima lewat email tadi. Kemudian klik Connect to ServerPilot.

Selanjutnya ServerPilot akan memulai instalasinya di VPS anda. Tunggu beberapa menit hingga proses instalasi selesai.

Setelah proses instalasi selesai, anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Klik tombol Create App, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

Sekarang anda bisa mengisinya dengan detil situs WordPress yang akan dibuat. Isikan secara lengkap, termasuk domain, beri tanda checklist pada WordPress, isi judul situs, user, password, dan email admin. Pilih versi PHP yang anda inginkan. Untuk contoh diatas, saya menggunakan PHP 7.0.

Setelah selesai, klik Create App dan tunggu beberapa menit hingga prosesnya selesai.

Sampai disini anda sudah berhasil membuat VPS baru, menyambungkan akun ServerPilot dengan VPS yang ada di DigitalOcean, dan menyelesaikan proses instalasi WordPress pada VPS. Anda bisa mencoba dengan membuka alamat situs anda, dan Selamat! situs WordPress berhasil dibuat seperti gambar berikut ini:

Sangat mudah bukan? Jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan atau didiskusikan, silahkan isi komentar dibawah. Selamat mencoba!

{ 2 komentar… tambah }
  • Sulis 13 April 2017, 6:42 am

    Haloo…
    Sya sudah buat vps dengan cara ini mas, dan berhasil terima kasih.
    Tapi saya masih belum paham, kalau mau buat ssh key harus login dengan ssh serverpilot atau root ya mas?

    Untuk artikel yang judulnya tingkatkan keamanan server dengan ssh key dg putty, itu dibuat oleh root ya Mas?

    Mohon bantuannya, terima kasih

    • admin 30 April 2017, 11:32 am

      untuk username yang digunakan di tutorial ssh key dengan putty, saya menggunakan username root. akan tetapi sebenarnya tidak ada batasan username yang bisa dipakai. semuanya bisa dengan syarat folder .ssh tempat menyimpan file ssh-nya berada dalam direktori user yang dibuat untuk login. contoh saya pakai user root maka harus di dalam folder root. kalau misal usernya serverpilot maka menggunakan folder user serverpilot.

Beri Komentar