≡ Menu

Trik Mengatasi Koneksi Timeout pada Koneksi SSH lewat Terminal macOS

Menggunakan Windows, saya cukup menggunakan SSH Client KiTTY ketika butuh koneksi SSH ke server saya. Namun lain halnya jika menggunakan macOS. Mirip seperti Linux, macOS sudah menyediakan fasilitas terminal yang bisa digunakan secara langsung untuk melakukan koneksi lewat SSH. Cukup dengan mengetikkan sebaris perintah maka kita sudah terhubung.

Permasalahan yang saya hadapi menggunakan terminal ini adalah seringnya koneksi terputus atau timeout ketika Macbook saya dalam kondisi idle. Hal ini tentu sangat mengganggu karena saya harus mengetik ulang baris perintah-nya kembali agar saya bisa kembali terhubung dengan server saya. Hasil browsing tutorial menyarankan saya untuk membuat sebuah berkas konfigurasi SSH yang efeknya terminal macOS senantiasa mengirimkan paket kecil setiap menitnya sehingga menjaga koneksi agar tidak terputus. Untuk SSH Client seperti KiTTY misalnya, saya asumsikan sudah ada fitur yang menjaga konektivitasnya sehingga jarang putus.

Yang perlu anda lakukan adalah, buat sebuah berkas konfigurasi untuk terminal macOS anda. Masuk ke direktori Home Macbook anda dengan mengetikkan perintah berikut:

cd ~

Kemudian, masuk ke direktori konfigurasi SSH anda:

cd .ssh

Yang anda lakukan selanjutnya adalah membuat berkas konfigurasi baru, ketikkan perintah berikut:

nano config

Kemudian kopi dan masukkan teks berikut:

Host *
 ServerAliveInterval 60

*Catatan:

  1. Spasi pada baris kedua kode diatas (ServerAliveInternal 60) wajib.
  2. Tanda (*) bintang atau asterisk diatas maksudnya berlaku untuk semua jenis domain atau IP. Contoh: domain1.com, domain2.com atau 192.168.171.3. Jika anda ingin membatasi pada host tertentu saja, ubahlah tanda (*) diatas dengan domain atau IP yang anda inginkan.
  3. Angka 60 diatas maksudnya adalah setiap 60 detik terminal anda akan mengirimkan paket kecil ke server untuk menjaga stabilitas koneksi SSH anda sehingga tidak terputus. Silahkan ubah jika anda menginginkan nilai interval lainnya.

 

Sekian tutorial singkat menjaga stabilitas koneksi SSH lewat terminal macOS. Semoga bisa bermanfaat

{ 0 komentar… tambah }

Beri Komentar